Wednesday, June 19, 2013

Naiknya Harga BBM


Dari tahun ke tahun Negara kita mengalami inflasi. inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, inflasi juga merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara kontinu. 

Setiap tahunnya inflasi pasti akan terjad seperti yang terjadi pada BBM saat ini. Meskipun begitu pemerintah telah menekan upaya terjadinya kenaikan harga BBM. Tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama, Karena tiap inflasi akan terus terjadi. Sehingga pemerintah tidak bisa menahan laju kenaikan harga minyak dunia. Hal tersebut berdampak pada kebijakan pemerintah dalam menaikan harga BBM.

Sebagian besar masyarakat merespon hal tersebut dengan banyak keluhan dan protes. padahal salah satu penyebab kenaikan harga BBM juga disebabkan oleh mereka sendiri. 

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Soeroyo Alimoeso kenaikan harga BBM harus dilakukan pemerintah, sebab subsidi BBM memberatkan APBN 2013. 

Selain itu, sering kali terjadi salah sasaran karena dinikmati pemilik kendaraan-kendaraan yang tak berhak dan hanya 7 persen dari subsidi pemerintah yang dimanfaatkan oleh angkutan umum sedangkan sisanya dimanfaatkan oleh kendaraan pribadi.

Padahal jika penggunaan subsidi dimanfaatkan dengan baik, kemungkinan APBN Negara akan semakin hemat dan dapat digunakan untuk hal-hal yang bermaanfat lainnya. 

Karena itu, mari kita taati peraturan dari pemerintah, bayar pajak tepat waktu, dan hemat listrik!! :D

No comments:

Post a Comment